Pengembangan Produk Potensial-Kripik terong @TimKKNUNSPunjung2017

Administrator 06 Agustus 2017 22:02:33 WIB

Desa Punjung merupakan salah satu desa di Kecamatan Kebonagung yang letaknya di apit oleh 3 bagian dari gunung limo, yaitu gunung jepen, gunung lanang dan gunung batok, sehingga mengakibatkan cuaca di Desa Punjung sendiri cenderung lebih dingin dari desa-desa lain di Kecamatan Kebonagung. Lebih jauh, kondisi ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk bercocok tanam palawija, yang mana menurut masyarakat bercocok tanam tanaman palawija lebih menguntungkan dibanding bercocok tanam tumbuhan lain, karena sebagian besar hasil pertanian digunakan untuk konsumsi sehari-hari. Adapun kondisi ini mengakibatkan munculnya logan sebagai salah satu desa penghasil tanaman palawija terbesar di Kecamatan Kebonagung.

Terong merupakan salah satu hasil cocok tanam masyarakat Desa Punjung yang sering kali naik turun dalam hal harga. Adapun dikatakan naik karena kondisi lahan dan cuaca yang mendukung untuk bercocok tanam tanaman palawija (terong) dan dikatakan turun karena ketika panen, harga terong di tengkulak sering kali mengalami penurunan yang tajam. Penurunan ini disebabkan oleh kenaikan kuantitas atau penawaran terong dari para petani yang mana tidak sebanding dengan permintaan dari masyarakat. Lebih jauh, penurunan ini juga disebabkan oleh belum adanya industry kreatif, khususnya di Kecamatan kebonagung yang secara langsung menjadikan terong sebagai bahan pokok pembuatan produk jadi maupun  setengah jadi yang memiliki nilai ekonomis di pasar.

Pada tanggal 31 Juli 2017 kemarin, Tim KKN UNS Punjung 2017 mencoba  memanfaatkan terong menjadi produk olahan jadi yang memiliki nilai ekonomis berupa pembuatan kripik terong. Dalam kegiatan ini, Tim KKN UNS Punjung 2017 mengundang masyarakat Punjung, khususnya ibu-ibu yang tergabung dalam PKK untuk bersama-sama belajar bagaimana merubah pandangan yang orthodox menjadi lebih modern mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju atau merubah terong menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Dalam kegiatan ini, Tim KKN UNS Punjung 2017 berharap dapat meningkatkan permintaan terong sehingga memicu naiknya harga terong di pasar dan memberikan peluang usaha baru, khususnya bagi masyarakat Desa Punjung mengingat belum adanya produk olahan berbahan terong yang dijual di Pacitan, sehingga mengakibatkan tingginya peluang penjualan produk olehan terong, khususnya di wilayah Pacitan.

Dokumen Lampiran : Pengembangan Produk Potensial-Kripik terong @TimKKNUNSPunjung2017


Komentar atas Pengembangan Produk Potensial-Kripik terong @TimKKNUNSPunjung2017

Kukuh Andri 14 Agustus 2017 08:11:30 WIB
Semoga dapat menjadi inspirasi untuk masyarakat desa punjung
hendri 11 Agustus 2017 14:53:54 WIB
bagus2

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PUNJUNG

tampilkan dalam peta lebih besar